Keuntungan Artikel Seri Wawancara Untuk Kesuksesan Blog Anda - IRD Blogging

Sunday, April 16, 2017

Keuntungan Artikel Seri Wawancara Untuk Kesuksesan Blog Anda

Artikel seri wawancara? Apa maksudnya!
Artikel seri wawancara pada umumnya tidak berbeda jauh dengan seri atau artikel biasanya. Hanya membahas serangkaian tulisan mengenai satu topik tertentu saja atau random. Namun terdapat perbedaan di dalamnya, seri artikel biasa memuat tulisan Anda dengan topik tertentu atau random sedangkan seri wawancara memuat hasil wawancara yang secara khusus memang dibuat dengan topik tertentu.

Namun perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa keuntungan yang cukup bagus untuk perkembangan blog Anda.
  • Menciptakan Artikel Pilar
Artikel pilar (pillar article) adalah istilah yang pertama kali diciptakan oleh Yaro Starak seorang blogger pro asal Australia, untuk menjelaskan suatu jenis artikel yang berfungsi sebagai konten utama blog. Biasanya artikel ini sangat panjang lebih dari 1000 kata namun ada juga blogger yang menggunakan format pdf untuk menyederhanakan blog mereka. Namun, hasilnya traffic berlimpah.
  • Mendapat Konten Secara "Gratis"
Konten secara gratis adalah hasil wawancara Anda dengan orang ternama yang dibutuhkan oleh banyak orang untuk informasi tersebut. Ketimbang Anda harus membayar seseorang untuk menulis konten berkualitas. Ada banyak orang ternama yang dapat Anda wawancara dan pastinya mereka akan bersedia untuk diwawancarai.

Walau begitu, berikanlah sentuhan Anda untuk memudahkan pembaca Anda untuk memahami dari hasil wawancara Anda.
  • Memberikan Sudut Pandang Baru
Dengan membuat artikel seri wawancara, Anda memberi ruang bagi pembaca Anda untuk mendapatkan sudut pandang baru tentang mengenai suatu topik. Bisa jadi responden yang Anda wawancara tersebut memiliki pandangan baru atau berbeda atau bahkan bertentangan dengan Anda. Tidak masalah!

Biarkan sudut pandang yang beragam itu memberi warna pada konten blog Anda. Buka wawasan pembaca Anda mengenai sesuatu topik tertentu.
  • Dapat Membangun Relasi Dengan Tokoh Yang Anda Wawancara
Dengan membuat artikel seri wawancara, ada banyak keuntungan sekaligus yang Anda dapatkan, mulai dari artikel pilar kemudian traffic lalu hubungan yang baik dengan yang Anda wawancara. Pasti suatu saat nanti Anda akan membutuhkan mereka untuk kembali menemukan solusi dari blog Anda.

Jika Anda pandai menarik hati yang Anda wawancara bisa saja Anda akan menjalin kerja sama atau blog networking bagi Anda.
  • Dapat Mengambangun Kredibilitas Anda
Keuntungan tidak langsung dari membuat seri wawancara di blog Anda adalah mendapatkan dukungan atas kredibilitas Anda di niche yang Anda tekuni. Mendapatkan kesempatan mewawancarai seorang tokoh yang disegani di niche yang Anda pilih akan memberi nilai tambah bagi diri Anda sendiri dan blog Anda. Secara tidak langsung, Anda menerima "efek tetesan" otoritas dari responden yang Anda wawancarai. Dengan terus berusaha menulis konten blog yang berkualitas setelah membuat seri wawancara, bukan tidak mungkin kredibilitas yang Anda dapatkan dari "efek tetesan" ini akan bertahan lama.

---
Poin artikel seri wawancara tersebut saya pelajari dari Medhy Aginta Hidayat dalam blognya Blogguebo.com. Anda percaya dengan artikel seri wawancara dapat membuat perkembangan blog Anda melesat. Maka cobalah untuk blog Anda dan mulailah merasakan kebanggaan bisa mewawancarai tokoh ternama dalam niche yang Anda tekuni.

Sukses dan silahkan mencoba.

No comments:

Post a Comment