Panduan Sukses Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Pilar CTPM - IRD Blogging

Sunday, April 30, 2017

Panduan Sukses Menghasilkan Uang Dari Blog Dengan Pilar CTPM

Kunci sukses ini saya pelajari dari artikel yang dikirimkan oleh Medhy Aginta Hidayat via email. Anda pasti tahu siapa itu Medhy Aginta Hidayat. Jika Anda belum tahu siapa beliau silahkan kunjungi blognya http://blogguebo.com.

Anda pasti tahu monetisasi blog itu apa? Saat ini kegiatan monetisasi blog bukan lagi hal yang jarang dilakukan. Karena hampir setiap harinya selalu ada pengguna yang terlahir sebagai blogger. Blog kini menjadi media yang unik menawarkan kepada Anda peluang eksplorasi dan potensi dalam menghasilkan atau mendulang uang melalui internet.
Namun, informasi tentang bagaimana sebenarnya tata cara yang tepat menghasilkan uang dari blog masih sangat terbatas. Ini menjadi rahasia tersendiri bagi blogger sukses. Yang sering Anda dapatkan di Google adalah cara umum dan sangat dasar yang Anda hiraukan itu. Karena kegiatan yang membosankan namun terus dan terus dilakukan itulah yang menjadi kunci sukses sebagai seorang blogger.

Walau, telah dibagikan cara umum dan paling dasar dalam monetisasi blog, terkadang Anda tergiur dengan blog yang dapat menghasilkan uang hingga akhirnya Anda melupakan cara umum dan paling dasar yang mesti Anda lalui terlebih dahulu.

Lalu Pilar CTPM itu apa? CTPM adalah kunci dari suksesnya Anda dalam monetisasi blog. Pilar CTPM adalah strategi dalam monetisasi blog yang digagas oleh Ken Evoy dan Anda juga dapat menerapkannya dalam dunia blogging Anda.

Pilar CTPM terdiri dari 4 pilar yaitu: 
  • C : Contentc
  • T : Traffic
  • P : Pre-Selling
  • M : Monetization
4 Pilar tersebut saling berkaitan satu sama lain dan berurutan. Jika Anda dapat memahami dan menerapkan Pilar CTPM, Anda dapat melakukan monetisasi blog dengan sukses dan selalu hasil yang lebih terukur.

Monetisasi Pilar C
Pilar C adalah Pilar Content. Anda perlu tahu tentang ini, bahwa semua pengguna internet pastinnya mencari informasi pada semua mesin pencari. Mereka mengunjungi Google dan memulai pencariannya untuk sebuah informasi yang mereka butuhkan.

Bagaimana cara agar Anda dapat membuat sebuah informasi yang mereka butuhkan.

Anda punya keahlian, hobi, bakat, minat? Ubah hal tersebut menjadi informasi
Semua manusia pastinya memiliki minat, keahlian, hobi, atau bakat. Bahkan hal sepele yang Anda lakukan dikehidupan seperti bermain game, nonton film, membaca komik, belajar dan lain-lainnya dapat menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi pengguna internet khususnya blog Anda. Baik itu informasi yang mengubah atau hanya sekedar hiburan.

Untuk menerapkannya dalam blog, Anda mesti menjawab pertanyaan berikut ini:
Walau ini sudah umum Anda dapatkan. Namun, hingga sekarang pertanyaan ini masih berguna untuk Anda dalam monetisasi blog.
  • Apa minat terbesar Anda?
  • Apa hobi Anda?
  • Apa keahlian Anda?
  • Apa bakat Anda?
  • Pengetahuan yang paling Anda kuasai?
  • Berapa banyak peluang untuk unggul dalam topik yang Anda minati?
  • Apa kata kunci atau keywords yang paling banyak dicari dalam topik yang Anda minati?
  • Bagaimana cara peluang Anda dalam monetisasi topik yang Anda minati?
Jika Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut, Anda dapat menentukan topik yang Anda senangi kemudian menjadikannya hingga memiliki potensi monesisasi blog.

Tulislah tulisan yang berkualitas dan bermanfaat yang dibutuhkan
Konten yang berkualitas dan bermanfaat akan membuat pengunjung Anda setia pada blog Anda. Menulis tulisan yang berkualitas dan bermanfaat adalah kunci monetisasi blog. Tanpa tulisan yang berkualitas dan bermanfaat, Anda pastinya akan memiliki sedikit pengunjung dan sedikitnya pengunjung Anda, pastinya tidak dapat melakukan monetisasi blog.

Kualitas dan bermanfaat maksudnya adalah Anda punya gaya tersendiri dalam menulis tulisan yang berkualitas yang dapat mempengaruhi pembaca Anda. Walau Anda bukan penulis! Anda dapat melakukannya dengan gaya penulisan Anda.

Bangunlah Backlink
Backlink adalah link tautan dari blog lain ke blog Anda. Dari yang saya pelajari ada tiga cara dalam membangun backlink.
  1. Buat blog dummy yang dapat Anda berikan tautan link satu sama lain (Apa itu blog dummy? Kunjungi situs ini http://caramaster.net/membuat-blog-dummy-untuk-mendongkrak-seo-2/)
  2. Melakukan tukar backlink secara langsung dengan blogger lain
  3. Membuat konten pilar bermanfaat yang memang benar dibutuhkan.
Jika Anda telah menulis tulisan yang berkualitas dan bermanfaat. Maka, tulislah lebih banyak lagi. Agar supaya pengguna internet dapat menemukan blog Anda dengan mudah di mesin pencari.

Ibarat toko, Barang dagangannya disebut dengan tulisan atau konten dan selalu lengkap, berkualitas dan bermanfaat disebut Update

Begitu jugalah dengan blog, Anda pastinya akan jarang mengunjungi blog yang tidak memberikan tulisan yang berkualitas, lengkap dan bermanfaat. Jadi, untuk melakukan monetisasi blog, pertama yang Anda lakukan adalah menulis Content. Tanpa Content blog Anda akan mati dan pastinya monetisasi blog yang Anda lakukan akan gagal.

Monetisasi Pilar T
Pilar T adalah Pilar Traffic atau Pilar Lalu Lintas/Pemirsa. Pada pilar ini Anda diarahkan bagaimana menarik pengunjung Anda atau pembaca blog untuk masuk kedalam blog Anda.

Konten adalah pilar pertama dari monetisasi blog pilar CTPM. Namun pada konten, Anda mesti berhati-hati dalam mengoptimalkannya. Kenapa? Karena konten yang berkualitas saja belum tentu menarik lebih banyak pembaca.

Lalu caranya bagaimana? Secara umum caranya ada dua, mengoptimalkan konten mulai dari judul hingga deskripsinya dan mengoptimalkan SEO. Kemudian bagaimana caranya agar traffic blog Anda meningkat?

Daftarkan Blog Anda Ke Mesin Pencari
Dalam postingan Medhy Aginta Hidayat mengatakan "Sederhana, namun krusial" Ini benar adanya. Anda mesti mendaftarkan blog Anda terlebih dahulu ke mesin pencari agar dapat di rayapi oleh robot mesin pencari. Ini berguna agar blog Anda terindeks baik itu di Google, Yahoo dan MSN.

Daftarkan Blog Anda Ke Blog Directory
Blog Directory merupakan situs yang berisikan daftar blog yang disusun berdasarkan topik tertentu. Dengan mendaftarkan blog Anda ke blog directory yang kebanyakan memiliki nilai page rank yang cukup tinggi. Konsekuensinya, dimata mesin pencari blog Anda akan memiliki kualitas yang lebih tinggi pula.

Banyak Konten Akan Bernilai Tinggi
Anda mesti menciptakan lebih banyak tulisan berkualitas dan bermanfaat seperti halnya pada pilar pertama yaitu Pilar C. Inilah adalah kunci pertama dalam monetisasi blog karena tulisan adalah sumber Anda sebagai seorang blogger.

Anda mesti memulainya dengan menulis tulisan secara rutin dan topikal dengan melakukan optimasi on-page SEO, berdasarkan keywords yang Anda incar. Semakin bagus yang Anda lakukan maka akan semakin bagus juga rangking SERP (Search Engine Results Page) Yang Anda dapatkan, dan pada gilirannya semakin besar peluang datangnya pengunjung ke blog Anda.

Bangun Lebih Banyak Backlink
Ketika ada On maka pastinya akan ada OFF begitu pula dalam SEO. On-Page dan Off-Page. Membangun backlink pastinya akan meningkatkan SEO blog Anda yang pastinya juga akan meningkatkan rangking Anda pada hasil pencarian atau SERP (Search Engine Results Page). Anda mesti tahu ini, semakin banyak backlink yang Anda lakukan secara natural maka semakin tinggi SERP blog Anda pada mesin pencari.

Jangan Lupa Promosikan Blog Anda
Lakukanlah promosi pada blog Anda, baik itu dalam berkomentar, dalam forum-forum online, RSS Feed, FeedBlits, Sosial Media mulai dari nerworking, situs media, microblogging, bookmarking, guest blogger.

Anda bebas melakukannya atau tidak namun jika Anda ingin monetisasi blog Anda, maka lakukanlah cara tersebut karena ini ilmu yang telah teruji kebenarannya. Jika begitu pastinya, Anda akan menghasilkan pengunjung blog yang lebih bahkan akan selalu membaca blog Anda.

"Konten yang berkualitas dan bermanfaat akan menghasilkan traffic namun dengan mengoptimalkan traffic. Maka, akan menghasilkan traffic lebih banyak lagi"

Monetisasi Pilar P
Pre-Selling merupakan langkah lanjutan dari pilar C dan T. Langkah bagaimana Anda mesti membangun hubungan yang baik dengan pengunjung Anda. Dalam Pre-Selling Anda mesti memberi yang terbaik kepada pengunjung Anda, membangun kepercayaan atau menumbuhkan rasa loyal pengunjung blog Anda.

Pre-Selling, pada hakekatnya Anda sedang membangun hubungan yang baik dalam jangka panjang untuk mendapatkan kepercayaan. Dan pastinya Pre-Selling yang baik akan dengan mudah melakukan monetisasi blog.

Medhy Aginta Hidayat memberikan beberapa tips untuk melakukan Pre-Selling yang baik untuk blog Anda:

Tulislah Tulisan Yang Benar-benar Dibutuhkan Pengunjung Anda
Dengan memberikan konten yang memenuhi kebutuhan pengunjung blog Anda, pastinya pengunjung blog Anda menghargai dan menyukai Anda. Maka dari itu pengunjung blog Anda akan menjadikan Anda "teman"

Berikanlah Layanan Semaksimal Mungkin
Anda seorang blogger, jangan menulis untuk uang. Menulislah untuk berbagi dengan gaya Anda sendiri. Manfaatkanlah layanan FeedBurner untuk memberikan pilihan layanan kepada pengunjung blog Anda yang ingin membaca blog Anda melalu RSS Feed Reader ataupun email.

Berikanlah Bonus Kepada Pengunjung Blog Anda
Tidak ada salahnya memberikan insentif beberapa ebook gratis kepada pengunjung blog Anda atau memberikan hadiah untuk pengunjung blog Anda yang terbaik.

Jangan Memaksa Pengunjung Blog Anda
Pengunjung Anda adalah raja sedangkan Anda adalah pelayan, Anda mesti mengingat ini. Jika Anda telah terdaftar di Google AdSense jangan memaksa pengunjung Anda untuk mengklik iklan Anda, melainkan buatlah pengunjung blog Anda sendiri yang ingin mengklik.

Berikan Pilihan Kepada Pengunjung Blog Anda
Apapun tujuan Anda, berikanlah pilihan kepada pengunjung blog Anda. Bahkan, untuk mengatakan TIDAK atas tawaran Anda. Sadarilah bahwa Anda seorang pelayan yang memberikan informasi kepada raja Anda atau pengunjug Anda.

Jika Anda memberikan pilihan kepada pengunjung blog Anda. Pastinya pengunjung blog Anda akan menghargai Anda.

5 Tips Pre-Selling ini saya pelajari dari Medhy Aginta Hidayat. Kepercayaan, respek dan loyalitas dari pengunjung Anda. Akan membukakan pintu monetisasi blog yang baik.

Monetisasi Pilar M
Ketika Anda telah melakukan dan menerapkan pilar sebelumnya akan memudahkan Anda pastinya dalam menerapkan pilar terakhir ini, Pilar M. Mulai dari content, traffic dan pre-selling hingga akhirnya monetization. Saya beranggapan jika Anda telah melakukan dan menerapkan Pilar CTPM dalam monetisasi blog, Anda pantas dikatakan sebagai seorang blogger sukses.

Dari yang saya pelajari ada 2 cara dalam monetisasi blog:

1. Monetisasi Langsung
Dilakukan dengan menampilkan atau memanfaatkan program-program monetisasi. Contohnya menampilkan iklan Google AdSense, menulis review berbayar dari program 'paid review' seperti GetReviewed, PayPerPost, SponsoredReviews, atau juga menulis review tentang sebuah produk affiliasi yang Anda promosikan. Dalam monetisasi langsung ini akan membuat Anda bisa menghasilkan uang dari internet lewat blog Anda. Jika Anda melakukan dan menerapkan pilar sebelumnya.

2. Monetisasi Tidak Langsung
Jika Anda memiliki sebuah bakat atau keahlian dalam bidang tertentu kenapa tidak Anda mencobanya menjadikannya uang. Seperti Anda memiliki keahlian dalam mendesain sebuah template blog, kenapa tidak mencoba membuat template blog dengan kualitas terbaik dan pasarkan pada blog Anda. Memiliki keahlian dalam menulis cerita atau novel kemudian pasarkan di blog Anda. Dengan blog, keahlian Anda, kreativitas Anda, kemampuan Anda dapat menjadi uang ketika Anda sulit mencari pekerjaan.

Lalu bagaimana dengan kami yang belum tahu apa keahlian atau bakat kami? Jangan berkecil hati dengan hal seperti itu, ketika Anda belum tahu apa bakat dan keahlian Anda, kenapa anda tidak mencoba untuk menulis tulisan berkualitas untuk blog Anda, mempelajari tulisan blogger profesional, atau melakukan riset yang dapat semua orang pelajari.
Namun, yang saya pelajari dari Medhy Aginta Hidayat ada beberapa hal yang mesti kita lakukan dalam monetisasi blog.

Monetisasi Pada Saat Yang Tepat
Tidak ada waktu yang tepat dalam melakukan 'Monetisasi Pada Saat Yang Tepat' karena Andalah yang tahu dalam melakukan monetisasi blog yang tepat. Loh kenapa bisa, tidak ada waktu yang tepat kemudian kita sendirilah yang tahu waktu yang tepatnya, maksudnya bagaimana?

Andalah yang tahu benar berapa pengunjung Anda per harinya, dari pengunjung itulah Anda tahu berapa kiranya pengunjung yang dapat menghasilkan uang untuk Anda bisa 100, 300, 500, atau 1000 atau 10.000 pengunjung? Anda yang tahu akan hal itu.

Ini beberapa parameter yang bisa Anda gunakan sebagai acuan kapan saatnya melakukan monetisasi blog, seperti:
  • Jumlah traffic blog
  • Pelanggan RSS
  • Jumlah komentar
  • Jumlah Email Subscribers
  • Alexa Rank
  • Page Rank
Dengan melihat angka dari beberapa parameter monetisasi blog, Anda pastinya akan tahu kapan Anda akan melakukan monetisasi blog dengan tepat.

Diversifikasi Program Monetisasi
'Jangan menyimpan semua telur Anda dalam satu keranjang' memang benar adanya ungkapan tersebut dalam memonetisasi blog Anda. Bahkan dalam dunia bisnis pun ungkapan tersebut berlaku akan kehati-hatian dalam berbisnis.

Anda jangan terfokus pada satu jenis program monetisasi, itu saja. Anda perlu mengetahui ini, jika Anda menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang nantinya diantara semua telur tersebut akan pecah atau bermasalah.

Jadi, dalam mendiversifikasikan setidaknya Anda menggunakan dua atau tiga program monetisasi untuk blog Anda untuk menjaga aliran penghasilan blog Anda.

Pilih Model Dan Program Monetisasi Yang Sesuai
Maksudnya yang sesuai dengan blog Anda, pada umumnya blogger pemula menggunakan strategi monetisasi "Magazine Model" dengan begini Anda memperlakukan blog Anda seperti majalah online (termasuk saya) dengan program monetisasi Google AdSense, dengan semakin banyak pengunjung Anda semakin banyak yang men-klik iklan Anda.

Dari yang saya pelajari, ternyata masih ada cara dalam menyesuaikan model dan program monetisasi, yaitu dengan "Expert Model" atau "Pakar/Ahli" dengan strategi ini Anda melakukan blog Anda sebagai rujukan untuk pengunjung yang memerlukan informasi dari keahlian, bakat atau kemampuan Anda. Dengan melakukan pemasaran produk digital atau program affiliasi dalam niche yang sama.

Evaluasi Dan Coba Lagi
Dengan memilih program monetisasi yang menurut Anda sesuai dengan karakteristik pembaca blog Anda, Selanjutnya pantau hasilnya.

Jika tidak sesuai dengan harapan Anda, jangan berkecil hati atau berputus asa, lakukan lagi dan lagi dengan lebih baik.
Sekian dan Terima kasih.

Pilar CTPM, adalah pilar dasar monetisasi blog yang saya pelajari dari Medhy Aginta Hidayat. Anda mesti melakukannya dengan tahap pertama hingga akhir, jangan melangkah ke tahapan selanjutnya jika Anda belum menyelesaikan tahapan sebelumnya. Ini tidak dapat dilakukan dengan mulus seperti kedengarannya. Ini lebih sulit karena membutuhkan upaya yang konsisten dalam melakukannya.

Pilar CTPM ini telah teruji benar adanya, bahkan Medhy Aginta Hidayat melakukan pilar CTPM ini dalam memonetisasi blognya. Jika Anda membutuhkan kesuksesan yang mudah maka blog bukan jawabannya.

    No comments:

    Post a Comment